Tentang IMM Bangkalan

Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) didirikan di Yogyakarta, pada 14 Maret 1964 dengan dipelopori oleh Mohamad Djazman Al-Kindi. Di awal berdirinya, dengan segera pula berdiri cabang-cabangnya di berbagai daerah di Indonesia. Hingga kini, IMM telah memiliki 34 DPD (Dewan Pimpinan Daerah) yang berkedudukan di provinsi.

Sementara itu, di Kabupaten Bangkalan, berdasarkan Surat Keputusan (SK) pendirian baru lahir tepat pada 14 Maret 2008. Ketua Umum pertama PC IMM Bangkalan adalah seorang IMMawati (sebutan kader perempuan), yaitu Intan. PC IMM Bangkalan sendiri, berada di bawah naungan DPD IMM Jawa Timur.

Hingga kini, PC IMM Bangkalan telah berkembang dan menaungi 8 (delapan) Pimpinan Komisariat (PK) yang berkedudukan di dua kampus di daerah ujung barat Pulau Madura itu, yakni Universitas Trunojoyo Madura (UTM) di Kecamatan Kamal dan Sekolah Tinggi Ilmu Ushuluddin Darussalam (STIUDA) di Kecamatan Modung. Adapun delapan komisariat yang dimaksud adalah:

1. PK IMM Al-Khawarizmi FT UTM;
2. PK Salman Al-Faritsi FEB UTM;
3. PK Cakraningrat FP UTM;
4. PK Ibnu Khaldun FISIB UTM;
5. PK Al-Ahkam FH UTM;
6. PK Al-Qalam FIP UTM;
7. PK Al-Baa'its FKIS UTM; dan
8. PK Al-Fatih STIUDA

Dari kedelapan komisariat tersebut, PC IMM Bangkalan menelurkan kader-kader maupun alumni-alumni yang telah ditempa keras dan siap menjadi kader persyarikatan, kader ummat, hingga kader bangsa.

Fastabiqul Khairat