PC IMM BANGKALAN

Pelatihan Advokasi

Pemberdayaan masyarakat dapat diartikan sebagai suatu upaya untuk memulihkan atau meningkatkan keberdayaan suatu komunitas agar mampu berbuat sesuai dengan harkat dan martabat mereka dalam melaksanakan hak–hak dan tanggung jawab mereka sebagai komunitas manusia dan warga negara. Tujuan akhir pemberdayaan masyarakat adalah pulihnya nilai–nilai manusia sesuai harkat dan martabatnya sebagai pribadi yang unik, merdeka dan mandiri. (1) unik dalam konteks kemajemukan manusia, (2) merdeka dari segala belenggu internal maupun eksternal termasuk belenggu keduniawian dan kemiskinan (3) mandiri untuk mampu menjadi programer bagi dirinya dan bertangung jawab terhadap diri sendiri dan sesama.

Manusia yang berdaya adalah manusia yang mampu menjalankan harkat martabatnya sebagai manusia, merdeka dalam bertindak sebagai manusia dengan didasari akal sehat serta hati nurani. Artinya manusia tidak harus terbelenggu oleh lingkungan, akan tetapi semata–mata menjadikan nilai–nilai luhur kemanusiaan sebagai kontrol terhadap sikap perilakunya. Manusia dikaruniai hati nurani, sehingga mempunyai sifat-sifat baik dalam dirinya sesuai dengan fitrahnya.

Wujud dari keberdayaan sejati adalah kepedulian, kejujuran, bertindak adil, tidak mementingkan diri sendiri dan sifat–sifat baik lainnya. Manusia–manusia berdaya tidak akan merusak dan merugikan orang lain tetapi memberikan cinta kasih yang ada dalam dirinya kepada orang lain dengan tulus sehingga hidupnya bermakna bagi dirinya dan memberikan manfaat bagi lingkungan. Terciptanya komunitas yang berdaya seperti inilah yang akan bisa menanggulangi kemiskinan yang diakibatkan oleh lunturnya nilai–nilai kemanusiaan.

Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) sebagai organisasi kemahasiswaan yang mempunyai peran sebagai agent of change, social control dan agent of information harus dapat menjadi pionir didepan dalam upaya untuk mengembangkan dan pemberdayaan masyarakat terutama di Kabupaten Bangkalan, sehingga tidak ada lagi hak-hak masyarakat yang termpas dan terabaikan.

Untuk itulah sebagai perwujudan dan pengamalan Trikompetensi Dasar IMM yaitu Humanitas kader sebagai analisis permasalahan yang ada maka, PC.IMM Kabupaten Bangkalan mencoba mencreate praksis gerakan sosial kemasyarakatan dengan mengadakan pelatihan pemberdayaan dan pengembangan masyarakat atau Sekolah Advokasi yang terangkai dalam bentuk kalimat tanya yaitu bagaimana Membingkai Gerakan Humanitas IMM Cabang Bangkalan ??.

Tujuan Kegiatan

Mengusahakan terbentuknya Home of HIKMAH yang merupakan rumah atautempat dari team advokasi yang professional dan kompeten guna Membangun progresifitas dan eksistensi Gerakan Sosial Kemasyarakatan (Humanitas) IMM Cabang Bangkalan dalam upayanya untuk pengabdian, pengembangan dan pemberdayaan masyarakat Bangkalan dalam wujud Desa Binaan.

Peserta kegiatan sekolah advokasi ini dibatasi maksimal hanya 20 orang peserta yang terdiri dari kader-kader potensial IMM Kabupaten Bangkalan.

Kegiatan ini akan dilaksanakan pada :

Hari : Sabtu s/d Minggu

Tanggal : 10 - 11 Januari 2009

Tempat : PKBM AISYIYAH SOCAH

CP : Aan Hariyanto (085746037398)

PC IMM BANGKALAN

About PC IMM BANGKALAN

Author Description here.. Nulla sagittis convallis. Curabitur consequat. Quisque metus enim, venenatis fermentum, mollis in, porta et, nibh. Duis vulputate elit in elit. Mauris dictum libero id justo.

Subscribe to this Blog via Email :