PC IMM BANGKALAN

INDONESIA BISA ?........

Saiful R A*

“INDONESIA BISA”, mungkin kata-kata ini yang akhir-akhir ini kita dengar di media elektronik, kata-kata itu adalah perwujudan dari semangat bangsa Indonesia dalam memperingati satu abad kebangkitan nasional, tetapi apakah dibenak hati anda tidak terlintas pertanyan “bisa?, Indonesia bisa apa?” pertanyaan besar dan mungkin adalah pekerjaan rumah bagi kita di tengah kondisi bangsa Indonesia yang sangat memprihatinkan.

Lantas kalau sekarang kita mengatakan Indonesia bisa, berarti sebelumnya Indonesia tidak bisa berbuat apa-apa untuk dirinya sendiri. Sebenarnya kata-kata itu telah di kumandangkan oleh presiden pertama kita Ir. Soekarno dalam pidatonya, beliau selalu mengatakan Indonesia harus bisa mandiri karena beliau sangat yakin jika kita mempunyai banyak hutang berarti kita tidak akan bisa berkembang dan maju, ternyata benar sekali pemikiran dari bung karno, kita dapat melihat realita sat ini, kita selaku bangsa yang merdeka seharusnya menjadi bangsa yang mandiri, tapi kenyataannya kita tidak bisa berbuat apa-apa dikarenakan hutang kita yang sudah terlalu banyak, saking banyaknya sampai-sampai kita tidak bisa membayar bunga dari pajak tersebut, mengapa bisa terjadi demikian?

Sepertinya hanya kita sebagai rakyat Indonesia sendiri yang bisa menjawab semua pertanyaan itu! Kita tidak mempuinyai kedudukan yang tinggi dan disegani oleh dunia barat, karena kita tidak dapat menjadi negara yang mandiri, negara yang dapat memenuhi kebutuhannya sendiri. Jika kita mau melangkah harus dan mungkin wajib untuk meminjam (hutang) ke negara besar (ambil contoh Amerika), walaupun dalam perjanjiannya banyak menguntungkan pemberi pinjaman dan merugikan kita.

Permasalahannya, Indonesia saat ini berada di ambang pintu kehilangan jati diri, karena sekarang Indonesia sudah tidak mempunyai martabat dan dipandang sebelah mata oleh negara asing, itu dikarenakan sikap pemerintah Indonesia yang mau tunduk saja kepada kepentingan asing, mau dijadikan boneka, jadi antek-antek asing untuk menyengsarakan rakyat.

Sekarang apa yang harus kita lakukan untuk mengatasi dan menghilangkan penyakit bangsa itu?. Sebenarnya solusi untuk masalah seperti itu telah dikatakan dan dikumandangkan oleh Ir. Soekarno bahwa kita harus menjadi bangsa yang mandiri, kita mesti bisa meng-ekspor jangan bisanya cuma meng-impor barang, jati diri kita sebagai bangsa Indonesia yaitu bangsa yang merdeka harus dikuatkan dan dipertegas. Kita jangan cuma bisa meminjam kita harus bisa meminjamkan uang kita ke negara yang membutuhkan. Jadi, seiring dengan menjadi negara yang mandiri, negara-negara lain yang semula melihat kita sebelah mata pasti akan memandang kita, dan martabat kita sebagai bangsa yang merdeka dan berdaulat pasti akan diakuinya. Itulah serbenarnya hakekat dari INDONESIA BISA, BISA mensejahterakan rakyatnya, BISA memenuhi kebutuhan sendiri tanpa harus pinjam/hutang, BISA berkembang dan bergerak maju tanpa ada tekanan dari pihak asing dan yang terpenting BISA merdeka dengan makna merdeka yang sesungguhnya, yaitu tanpa ada penjajahan fisik ataupun penjajahan dalam bentuk apapun.

* Sekbid Hikmah PC. IMM Kabupaten Bangkalan



PC IMM BANGKALAN

About PC IMM BANGKALAN

Author Description here.. Nulla sagittis convallis. Curabitur consequat. Quisque metus enim, venenatis fermentum, mollis in, porta et, nibh. Duis vulputate elit in elit. Mauris dictum libero id justo.

Subscribe to this Blog via Email :